Skip to main content
Berita KegiatanVideo

BNN GELAR WORKSHOP INTERNASIONAL : KEDEPANKAN PRINSIP HAK ASASI MANUSIA DALAM INVESTIGASI NARKOTIKA

Dibaca: 1 Oleh 08 Des 2023Tidak ada komentar
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

BNN GELAR WORKSHOP INTERNASIONAL : KEDEPANKAN PRINSIP HAK ASASI MANUSIA DALAM INVESTIGASI NARKOTIKA

Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) , Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus Reinhard Golose, resmi membuka workshop bertajuk “Human Rights in Policing and Investigative Interviewing” di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (5/12). Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang penyidik narkotika dari berbagai negara di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia.

Dalam sambutannya, Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus R. Golose menyampaikan terimakasihnya kepada para pembicara, peserta, serta pejabat UNODC Indonesia yang turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ia menekankan pentingnya Teknik Wawancara Investigatif guna mengumpulkan informasi yang akurat dan terpercaya dalam mengungkap tindak pidana narkotika.

“Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman kita tentang prinsip-prinsip hak asasi manusia serta keterampilan yang dibutuhkan dalam melakukan wawancara investigasi yang efektif dalam mengungkap kasus-kasus narkotika,” ucapnya.

Lebih lanjut, Jenderal Bintang Tiga yang meraih gelar professor dalam ilmu investigasi kepolisiannya ini menekankan pentingnya memiliki kemampuan wawancara investigasi yang adil dan objektif dengan mengedepankan kerangka hukum hak asasi manusia, prinsip non-diskriminasi dan kesetaraan tanpa menggunakan upaya kekerasan.

Sejalan dengan tujuan diselenggarakannya kegiatan yang diprakarsai oleh Deputi Hukum dan Kerjasama BNN RI ini, upaya memberikan pemahaman prinsip hak asasi dalam wawancara investigasi merupakan komitmen Indonesia sebagai anggota ASEAN yang turut menyuarakan Deklarasi Hak Asasi Manusia ASEAN 2012.

“Terlepas dari tujuannya, sangat penting bagi kita untuk melakukan wawancara dengan memegang teguh nilai hak asasi manusia dan kerangka hukum demi melindungi masyarakat dari narkotika,” tambahnya.

Sebagai penutup, Komjen. Pol. Prof. Dr. Petrus R. Golose kembali menekankan pentingnya menjunjung tinggi hak asasi manusia dalam kapasitas profesionalitas. Dengan memperluas pemahaman tentang prinsip-prinsip hak asasi manusia serta keterampilan wawancara investigasi yang efektif, peserta diyakini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan memastikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dapat terwujud.
BIRO HUMAS DAN PROTOKOL BNN RI

Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Barat
Alamat : Jl. Parit H. Husin II. Komplek Alex Griya Permai III. F.1

Instagram : https://www.instagram.com/infobnn_prov_kalbar/
Facebook : https://www.facebook.com/bnnpkalimantanbarat
Twitter : https://twitter.com/info_bnnpkalbar
Website : https://kalbar.bnn.go.id/
Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCBO7vtfgy5t2qBcJcQFE9Ew

Kirim Tanggapan

made with passion and dedication by Vicky Ezra Imanuel